KUTIPAN BERDASARKAN TOPIK : GAJAH

14:05 | ,


KUTIPAN CATUR BERDASARKAN TOPIK
GAJAH


Seperti yang telah saya perhatikan berkali-kali sebelumnya, hubungan antara gajah g2/b7 dan b2/g7 selalu lebih menguntungkan gajah di sayap raja. Membayangkan mengapa selalu timbul perasaan seperti itu, saya menyadari bahwa itu bukan perasaan belaka, tetapi fakta obyektif, yang mana gajah di sayap raja biasanya dilindungi oleh raja setelah rokade, yang merupakan detail penting.
---Anish Giri---
Semakin lemah seorang pemain semakin mengerikan Kuda bagi dia, tapi ketika semakin meningkat dalam kekuatan pemain itu nilai Gajah menjadi lebih jelas baginya, dan tentu saja ada, atau seharusnya ada, penurunan nilai estimasi tentang nilai Kuda dibandingkan dengan Gajah.
---Jose Capablanca---
Untuk mengisi pertanyaan yang sering diperdebatkan, "Buah mana yang lebih kuat, Gajah atau Kuda?" jelas bahwa nilai Gajah mengalami perubahan lebih besar dari Kuda.
---Emanuel Lasker---
Sementara beberapa orang tidak menyukai petukaran Gajah dengan Kuda sebagaimana pertukaran Cadillac untuk Chevrolet, yang lain bahkan telah siap untuk melakukannya tanpa ragu-ragu.
---Larry Evans---
Dengan Gajah berlainan warna, pihak menyerang telah mendapatkan keuntungan  berupa buah ekstra dalam bentuk gajahnya.
---Mikhail Botvinnik---
Kebanyakan pecatur tahu, berkat studi permainan master-master, bahwa dua Gajah lebih kuat dari dua Kuda atau dari Gajah dan Kuda, meskipun sangat sedikit yang tahu alasan keuntungan ini dan bagaimana mengubahnya menjadi nilai.
---Richard Reti---
Seperti Rousseau tidak bisa menulis tanpa kucingnya di sampingnya, jadi saya tidak bisa bermain catur tanpa Gajah Raja saya. Dengan ketiadaannya, permainan bagi saya adalah tak bernyawa dan hampa. Faktor vitalnya hilang, dan saya tidak dapat merancang rencana serangan.
---Siegbert Tarrasch---
Masa depan adalah milik dia yang memiliki  Gajah-gajah.
---Siegbert Tarrasch---
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment